Senin, 27 Juli 2009

Khasiat Adas

 
Nama Ilmiah: Foeniculum Vulgare Mill


 Kandungan Kimia dan efek Farmakologis
             Buahnya memiliki rasa manis pedas berbau aromatik dan bersifat menghangatkan.
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam Adas diantaranya minyak asiri 0.3-6%, fanchom, metil, chavicol, dan anis keton. Selain itu adas juga mengandung senyawa kimia seperti kamfena, limonena 1,8 sineol, arginin, dianethole, rutin, dan stigmasterol.
             Efek farmakologis yang dimiliki oleh adas diantaranya menambah daya tahan tubuh, obat flu, anti-kholinesterase, mengatasi ejekulasi dini, merangsang ereksi, anestesi, merangsang keringat, penguat hepar serta perangsang syaraf pusat, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen, penambah semangat dan vitalitas. 
             Adas juga berperan dalam menghambat pengeluaran enzim Aldose-reduktase, fosfodiesterase dan lipoksiginase. Selain itu adas juga dapat memperlambat penuaan, merangsang terjadinya ovulasi, dam nelindungi hati dari gangguan dan racun (antihepatotoksik). Stigmasterol pada buah adas dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan hormon steroid atau obat KB.Adas juga sering digunakanan sebagai penyempurna atau pengharum rasa obat (corrigens) dan pengawet alami bahan makanan tanpa efek samping.
Bagian tumbuhan yang digunakan dan manfaatnya :
Bagian akar, daun, dan buah adas dapat digunakan untuk pengobatan penyakit serta bahab campuran obat supaya khasiatnya lebih lengkap. 
 Adas dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :
1. Batu empedu
          Cuci 5g buah adas kering, seduh dengan 1 gelas air lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.
2. Pencegah dan penyembuh impoten
          Campur 10g adas, 25g pulosari, 10g bawang putih, 25g merica dan 25g kunyit jadi satu. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut lalu tambahkan air panas secukupnya sehingga membentuk larutan. Tambahkan 1 sendok makan madu murni, 2 butir kuning telur ayam kampung, laluaduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam dan lakukan 1 kali sehari selama 1 bulan.
3. Pencegahan tumor dan kanker
           Cuci bersih 5g buah adas, 100g akar alang-alang, dan 1-2 batang benalu teh. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum 2 kal sehari masing-masing 1/2 gelas.
4. Sariawan
           Cuci bersih 15g buah adas dan 15 g kuit kayu manis yang telah ditumbuk halus. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air. Masukan kedalamnya 10g kunyit yang telah diiris tipis-tipis. Setelah tersisa 2 gelas dinginkan. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ulangi pengobatan secara rutin selama 7 hari. (Rev)

Related Posts sesuai kategori



0 komentar: