Selasa, 28 Juli 2009

KHASIAT DAUN BELUNTAS

Daun Bluntas/Pluchea Indica L. Less
             Nama ilmiah tanaman Bluntas adalah Pluchea Indica L. Less, tumbuhan ini termasuk jenis semak atau setengah semak. Orang di Jawa barat memanggilnya dengan nama Baluntas, dan banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai pagar pekarangan.

Uraian Tanaman dan Cara Perbanyakan Tanaman :

             Pohon BluntasTumbuhnya tegak dengan tinggi bisa mencapai 2 meter. Cabangnya banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar dan banyak terdapat ditanah tandus yang kurang terurus. Daunnya bertangkai pendek, letaknya berseling, berbentuk bundar telur sungsang dengan ujung melancip. Tepinya bergerigi dan berwarna hijau. Sedangkan bunganya yang keluar dari ujung cabang dan ketiak daun berwarna ungu, membentuk bunga bonggol yang bergagang atau duduk. Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan cara stek. Yang banyak bermanfaat dari tanaman bluntas untuk obat, adalah pada bagian daunnya. Dimana aroma dari daun bluntas adalah baunya cukup getir dan sengir.

Khasiat Tanaman Bluntas :

- Untuk menyembuhkan gangguan pencernaan pada anak-anak serta menambah nafsu makan. Cuci daunnya lalu campurkan pada bubur atau nasi tim anak.

- Untuk obat TBC kelenjar leher, ramuannya antara lain ekstrak daun beluntas ditambah ekstrak gelatin dari kulit sapi dan rumput laut ( Laminaria japonica), dikumpulkan dan dibuat nasi tim lalu dimakan.

- Obat nyeri karena Rheumatik, ambil sekitar 15 gram beluntas , dicuci lalu direbus dan diminum.

- Untuk menghilangkan Bau Badan, ambil daun beluntas yang masih muda, lalu dimakan sebagai lalapan.

- Untuk menurunkan panas, ambil daun beluntas, rebus lalu minum airnya ( atau bisa juga disedu seperti teh ) .
          Demikian beberapa khasiat yang bisa diambil dari pohon Bluntas, Mudah-mudahan keterangan di atas bermanfaat untuk kita semua. Amin. Rev.

 KHASIAT TANAMAN HERBAL LAINNYA :  KULIT MANGGIS

Related Posts sesuai kategori



0 komentar: